Digital Marketing: Apa Skill dan Keuntungan Menjadi Digital Marketer

Digital Marketing: Apa Skill dan Keuntungan Menjadi Digital Marketer

Bagi kamu yang tertarik menjadi digital marketer, perlu belajar digital marketing dan berbagai informasi relevan. Seperti yang sudah kita tahu sekarang ini eranya sudah serba digital. Hal ini bisa terlihat dari perkembangan pengguna internet tiap tahunnya bertambah dan juga banyaknya orang lebih tertarik membeli produk secara online. Data dari APJII tahun 2023,  pengguna internet di Indonesia tembus 215 juta jiwa.

Dari data di atas kita bias menyimpulkan bahwa kecenderungan orang Indonesia menggunakan internet semakin meningkat. Jadi, untuk menjangkau pasar lebih luas, pemasaran dengan teknik digital itu perlu. Pengaruhnya sangat signifikan terhadap perkembangan bisnis.

Baik itu bisnis yang menawarkan produk berupa barang maupun layanan atau jasa. Sebelum memutuskan menjadi seorang digital marketer, alangkah baiknya bila kamu memahami skill yang penting dimiliki beserta keuntungannya pada pembahasan berikut.

Inilah Beberapa Skill Digital Marketing yang Penting Dimiliki

Pengertian dari digital marketing adalah aktivitas memasarkan produk pakai media digital (internet). Aktivitas ini bertujuan menarik perhatian para calon konsumen supaya membeli produk yang ditawarkan. Bila tertarik berkecimpung di bidang ini, miliki beberapa skill berikut:

  1. Desain grafis

Skill pertama yaitu dasar desain atau editing konten visual. Sebab, pemasaran dengan teknik satu ini tidak terlepas dari namanya pembuatan konten menarik. Menarik tidaknya konten bukan hanya bergantung pada isinya saja, tapi juga desain tampilan. Dan sekarang sudah semakin banyak alat atau tools untuk membuat desain, salah satu contohnya bias menggunakan canva atau bias menggunakan template desain seperti di sini

  1. Content Strategic

Kemampuan mengatur strategi konten paling tepat diterapkan untuk bisnis itu penting. Sebab, tidak semua jenis konten dan trend yang ada, cocok diterapkan untuk bisnis. Kamu Perlu analisa terlebih dahulu manakah yang cocok agar traffic pengunjung meningkat. Sebagai contoh ada konten awareness, selling ( soft dan hard ) branding dll.

  1. Ads

Kemampuan untuk beriklan di platform seperti facebook, instagram, tiktok maupun google ads juga jadi salah satu skill yang wajib kamu miliki. Dengan belajar skill ini kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan strategi di dalam bisnis, atau bahkan memudahkan kamu untuk menjangkau audiens atau market. kamu bisa belajar iklan di sini

  1. Copywriting

Copywriting merupakan kemampuan membuat konten yang sifatnya persuasif, baik itu berupa tulisan maupun video. Dengan teknik ini, kamu bisa mengajak audiens melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk yang sedang ditawarkan.

  1. Problem Solving

Skill digital marketing lainnya adalah problem solving. Terkadang ada situasi di mana sudah membuat perencanaan serta strategi matang, tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Kondisi seperti membuat kamu perlu mencari solusi untuk mengatasinya.

  1. Berpikir Kreatif

Aktivitas pemasaran hampir seluruhnya melibatkan kreatifitas untuk membuat strategi dan eksekusi ide. Ketika mampu berpikir kreatif, akan memunculkan ide unik, segar dan inovatif. Selain itu juga memudahkan dalam menemukan solusi permasalahan. Untuk mengaktifkan kreatifitas, sering-seringlah kamu melihat banyak konten referensi misalnya kamu melihat 5-10 brand yang berbeda setiap pagi untuk melatih kreatifitas.

Sebenarnya masih banyak skill lain yang penting dimiliki oleh digital marketer. Seperti, komunikasi, analisis data, menulis serta menyunting, SEO dan multitasking. Seluruh kemampuan tersebut akan menunjang kinerja nantinya supaya memberikan hasil pemasaran optimal.

Baca juga: Social Media Specialist: Gaji, Skill dan Cara Menjadi Social Media Specialist

Berbagai Keuntungan Menjadi Seorang Digital Marketer

Menjadi seorang digital marketer memiliki banyak keuntungan. Keuntungan inilah yang membuat profesi ini begitu diminati. Inilah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki skill satu ini:

  1. Bisa Berjualan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama

Keuntungan pertama memiliki skill dalam digital marketing adalah bisa berjualan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Kegiatan yang bisa dijadikan sampingan dalam hal ini adalah menjadi seorang dropshipper.

Pendapatan yang diperoleh ketika menjadi seorang dropshipper bergantung dari bagaimana cara memasarkan produk tersebut. Tapi, ketika memiliki skill ini, permasalahan seperti ini akan teratasi.

  1. Bisa Menjadi Affiliate Marketer

Ketika memiliki skill digital marketing satu ini, kamu bisa menjadi affiliate marketer berbagai produk. Hanya dengan teknik pemasaran yang tepat, keuntungan besar bisa diperoleh. Pekerjaan seperti ini cocok dijadikan sumber penghasilan sampingan.

  1. Bisa Menjalin Kerja Sama dengan Pebinis untuk Membantu Pemasaran

Tidak semua pebisnis itu paham teknik pemasaran yang tepat, sehingga membutuhkan jasa. Sebab, memang teknik pemasaran itu perlu dipelajari terlebih dahulu agar memberikan hasil maksimal.

Kamu bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk menawarkan jasa membantu pemasaran produk mereka. Biasanya sistem kerja sama seperti ini nantinya menerapkan bagi hasil. Mengenai besarnya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.

Menjadi digital marketer bukanlah hal yang mudah dan menjadikanmu cepat kaya, perlu adaptasi dan selalu mengikuti trend terkini karena perkembangan internet dan teknik marketing begitu cepat berkembang. Agar kamu tidak ketinggalan kamu bisa belajar di gajianonline kelas

Founder & CEO

Agar tidak malu, memulai dari bukan siapa-siapa, tetap jadi bukan siapa-siapa, dan ketika jatuh pun tetap jadi aku yg bukan siapa-siapa.

Leave a Reply

You might also like