Berkarir Jadi Web Developer: Ini Aplikasi Belajar Coding di HP

Berkarir Jadi Web Developer: Ini Aplikasi Belajar Coding di HP
Aplikasi Belajar coding di HP ( sumber / Unsplash)

Aplikasi Belajar Coding di HP

Ketika membahas aplikasi untuk belajar coding di HP basis Android sebenarnya ada banyak. Tapi, akan berbeda-beda tentu tingkat kenyamanan setiap aplikasi pada pemakaian individu satu dengan lainnya.

Coding merupakan aktivitas yang biasanya dilakukan dalam rangka membuat aplikasi ponsel maupun komputer serta membangun situs web. Dulunya coding hanya dapat dilakukan lewat komputer.

Tapi sekarang kamu bisa melakukannya melalui ponsel Android dengan bantuan software khusus. Bila tertarik untuk belajar menggunakan ponsel android, kamu bisa memilih satu opsi dari beberapa yang direkomendasikan pada ulasan berikut.

Ini Daftar Beberapa Aplikasi Belajar Coding di HP Android

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih yang membuat segala aktivitas bisa dilakukan hanya lewat ponsel saja. Salah satu aktivitasnya belajar menulis coding. Inilah beberapa rekomendasi aplikasi coding di HP untuk belajar yang dapat kamu jadikan referensi opsi:

  1. Mimo

Belajar coding melalui Mimo akan terasa menyenangkan karena tampilan antarmuka yang dimilikinya sederhana dan mudah dioperasikan. Lewat aplikasi ini, kamu bisa belajar beberapa bahasa pemrograman lewat pelajaran harian.

Contohnya seperti HTML, C++, Python, CSS, JavaScript, PHP dan masih banyak lagi lainnya. Di dalam setiap pelatihan nantinya, pengguna akan diminta menjawab beberapa pertanyaan.

Selain itu, juga akan diminta melakukan latihan kecil. Terdapat tiga tingkatan ditawarkan aplikasi coding di Android ini, yaitu pemula, menengah dan lanjutan. Tahapan seperti ini tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna pemula.

  1. SoloLearn

Daftar rekomendasi selanjutnya adalah SoloLearn yang memudahkan pengguna membuat coding dengan komunitas tersedia di aplikasi. Jadi, melalui SoloLearn pengguna bisa belajar bersama anggota forum.

Terdapat lebih dari 20 bahasa pemrograman yang bisa dipelajari melalui SoloLearn, beberapa diantaranya Kotlin, SQL, Ruby, Phyton 3, Java, C++, HTML, Bootstrap 3, Design Patterns dan Algorithms.

Materi pembelajaran yang ditawarkan aplikasi coding gratis ini terstruktur serta mudah dipahami dengan pemberian secara bertahap, dimulai dari dasar. Daya tarik lainnya yaitu terdapat fitur berupa challenge yang membuat penggunanya merasa tertantang.

  1. Codecademy Go

Codecademy Go merupakan daftar rekomendasi lainnya yang juga praktis, bisa digunakan di mana saja. Aplikasi interaktif yang sangat berguna untuk pembelajaran pemrograman harian serta berurutan ini menyediakan berbagai fitur menarik.

Salah satunya adalah katalog lengkap kursus pemrograman. Fitur lainnya ada teori yang didukung berbagai tugas praktis, kartu pelatihan di mana perancangannya menggunakan gaya serta statistik untuk melacak kemajuan.

  1. Aplikasi belajar coding di HP berikutnya ada Programming Hub

Aplikasi coding di Android Programming Hub akan memberikan e-sertifikat terverifikasi bila telah selesai merampungkan berbagai tugas dari setiap kursus yang diikuti. Ada banyak materi pembelajaran yang ditawarkan, dimulai dari pengenalan hingga praktik.

Daya tarik lainnya dari Programming Hub yaitu menyediakan ilustrasi berbasis konsep. Dengan konsep seperti ini tentu akan mempermudah penggunanya dalam proses belajar kode melalui metode menyenangkan.

  1. Encode

Encode merupakan aplikasi yang memiliki bahasa pemrograman JavaScript. Melalui Encode, kamu bisa memakainya untuk mendukung pembelajaran coding dari tingkatan pemula hingga profesional.

  1. Code Hub

Code Hub merupakan aplikasi coding gratis yang memudahkan kamu untuk belajar bahasa pemrograman CSS serta HTML. Materi tersedia ada banyak dan bisa langsung dipraktikkan tanpa perlu memasang software lainnya.

  1. Enki

Daftar rekomendasi aplikasi terakhir bernama Enki. Aplikasi pendukung pembelajaran bahasa pemrograman satu ini menawarkan layanan gratis selama 7 hari saja. Tampilan antarmukanya sederhana yang membuatnya menarik perhatian pemula.

Selain tersedia di Play Store, Enki juga diunduh oleh para pengguna perangkat basis iOS melalui App Store. Ketika tertarik memakai platform ini, pastikan memiliki perangkat compatible, akun Enki serta koneksi internet mumpuni.

Dari daftar beberapa software tersebut, pilih sesuai kenyamanan. Sebab, masing-masing memiliki keunggulan serta kekurangannya tersendiri. Tidak semua aplikasi belajar coding di HP memberikan layanan gratis secara penuh, sehingga penting memastikannya sebelum menggunakan.

Founder & CEO

Agar tidak malu, memulai dari bukan siapa-siapa, tetap jadi bukan siapa-siapa, dan ketika jatuh pun tetap jadi aku yg bukan siapa-siapa.

Leave a Reply

You might also like