Social Media Specialist: Gaji, Skill dan Cara Menjadi Social Media Specialist

Social Media Specialist: Gaji, Skill dan Cara Menjadi Social Media Specialist

Social Media Specialist: Gaji, Skill dan Cara Menjadi Social Media Specialist

Social media specialist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam membuat serta menerbitkan konten digital. Baik itu bentuknya berupa tulisan, gambar maupun audio di sosial media.

Pekerjaan seperti ini bertujuan untuk membangun brand awareness, meningkatkan audiens serta membantu promosi. Ada banyak pekerjaan yang nantinya perlu dilakukan oleh profesi satu ini.

Tidak hanya sekadar membuat konten sesuai riset saja, tapi juga membuat copywriting yang terlihat menarik. Supaya lebih paham tentang profesi satu ini, kamu bisa menyimak pembahasan selengkapnya pada uraian berikut.

Gaji Social Media Specialist dan Skill yang Perlu Dimiliki

Kisaran gaji social media specialist ada diangka 7 juta hingga 11 juta, menyesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan terkait. Kisaran gaji senilai tersebut cukup lumayan. Tidak heran karena memang tanggung jawab seseorang dengan profesi satu ini mempunyai tantangannya tersendiri.

Kebutuhan social media specialist sekarang ini semakin tinggi mengikuti perkembangan dunia digital yang juga meningkat. Ketika tertarik menjalani profesi ini, kamu perlu mempunyai berbagai skill sebagai penunjangnya. Inilah beberapa skillnya yang penting dimiliki:

  1. Harus Pandai Berkomunikasi

Seseorang dengan profesi satu ini memang lebih banyak bekerja di belakang layar. Meskipun demikian, bukan berarti mengabaikan skill berkomunikasi yang baik dan lancar.

Kemampuan komunikasi yang diperlukan lebih tepatnya dalam aspek menulis, story telling, editing, presentasi, SEO serta berkomunikasi dengan tim. Hal ini dikarenakan seorang social media specialis harus pandai menyampaikan ide dalam bentuk tulisan maupun lisan, sebagai contoh saat kamu harus melakukan pertemuan meeting dengan tim lain

Jadi skill komunikasi ini sangat kamu butuhkan, baik dalam dunia nyata dalam tim maupun virtual dalam bentuk konten

  1. Manajemen Waktu

Skill social media specialist selanjutnya tidak kalah penting dari komunikasi adalah manajemen waktu. Profesi ini mengharuskan seseorang mengerjakan banyak hal, dimulai dari membalas pesan email hingga melakukan revisi content plan setiap bulannya.

Tidak jarang juga social media specialist memiliki tanggung jawab mengurus lebih dari 1 akun brand. Hal ini belum ditambah dengan beragam aset sosmed pada setiap brandnya. Kondisi seperti inilah penyebab skill manajemen waktu penting banget untuk kamu miliki ya.

  1. Berpikir Cepat dan tepat

Trend serta fenomena di sosmed itu pergerakannya sangat cepat. Hal inilah yang membuat spesialis sosmed harus memiliki kepekaan tinggi dan mampu berpikir cepat dalam mengaplikasikan trend dengan konten relevan setiap harinya.

Baca juga : Berkarir jadi web developer: ini aplikasi gratis belajar coding di HP

  1. Social Media Fluency dan memiliki selera tinggi

Seseorang dengan profesi ini harus mempunyai minat tinggi dalam penggunaan sosmed. Jadi, nantinya akan dengan senang hati selalu belajar dan bersedia mengikuti perkembangan yang periodenya terus-menerus, kamu juga harus punya minat yang tinggi dibidang industri yang sedang kamu handle, misal kamu dibidang fashion kamu juga harus peka terhadap dunia itu

  1. Komputer dan Desain

Spesialis sosial media minimal mempunyai pemahaman dasar tentang komputer dan desain. Untuk kemampuan komputernya sendiri mencakup blogger atau wordpress. Sedangkan skill desainnya berhubungan dengan selera visual. Agar saat kamu ngobrol dengan tim mu, kamu tahu apa yang harus kamu sampaikan.

  1. Pengetahuan Tentang Tools yang Dibutuhkan

Skill terakhir penting dimiliki social media specialist adalah memiliki pengetahuan tentang tools yang dibutuhkan mengingat ada banyak jenisnya. Berikut ini tools yang bias kamu gunaan untuk berkarir menjadi social media specialist:

  1. Hootsuite
  2. Brandwatch
  3. Creator Studio
  4. Social Blade

Lalu bagaimana Cara Menjadi Social Media Specialist

Pertanyaannya, bagaimanakah cara menjadi social media specialist? Caranya yaitu dengan memiliki beberapa skill yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada umumnya, profesi ini mengharuskan seseorang mempunyai hard skill dan soft skill mumpuni.

Kemampuan penunjang seperti ini bisa dipelajari secara mandiri maupun lewat pelatihan. Seperti skill komunikasi yang baik, menguasai berbagai platform sosmed, mampu menganalisis data, mahir menulis dan story telling, peka terhadap tren, estetika dan bisa menentukan desain menarik.

Selain itu juga mampu membuat perencanaan sekaligus mempunyai time management yang baik. Sedangkan latar belakang pendidikannya untuk berkarir di bidang sosmed tidak ada. Jadi, bidang ini bisa dipelajari oleh siapapun tanpa harus lulus jurusan kuliah tertentu.

Tertarik untuk menjadi seorang social media specialist dengan gaji 7 juta sampai 11 juta? Kamu bias belajar melalui kelas gajian online, ada kelas gratisnya juga loh.

Founder & CEO

Agar tidak malu, memulai dari bukan siapa-siapa, tetap jadi bukan siapa-siapa, dan ketika jatuh pun tetap jadi aku yg bukan siapa-siapa.

Leave a Reply

You might also like